Macam Macam Budaya dan Unsur Unsur Budaya

Macam Macam Budaya dan Unsur Unsur Budaya

Budaya banyak sekali unsur dan macam - macam budaya, yang namanya budaya pasti berbeda beda baik itu wujudnya ataupun segi dalam meng ilustrasik suatu budaya. adapun macam macam budaya dan unsur unsur budaya menurut koentjaraningrat ialah :

1. Bahasa

    karya cipta manusia dari kebiasaan dan perkembangan otak manusia dalam berfikir untuk mempermudah dalam berkomunkasi antara manusia ialah bahasa, dengan bahasa mengindikasikan bahwa manusia adalah mahluk sosial yang perlu berkomunikasi akhirnya muncul lah bahasa sebagai bentuk perwujudan budaya.

2. Pengetahun.

    Sudah tidak asing lagi bahwa dengan pengetahuanlah manusia mampu berkembang sampai sekarang, kebutuhan akan pengetahuan memang sudah fitrah manusia sebagai mahluk yang berfikir, manusia belajar dari pengalaman, pemecahan masalah, kengintahuan yang akhirnya menjadi suatu pengetahun yang turun temurun.

3. Mata Pencaharian

  Kebutuhan hidup, manusia selalu mencari dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup nya terutama untuk makan dan minum yang akhirnya manusia berbuat seseuatu untuk memenuhi kecukupan makanan, manusia purba kala pada zaman dahulu untuk memenuhi kebutuhan makanaya adalah dengan berburu yang menjadi mata pencaharianya dan ini menjadi kebudayaan manusia.

4. Bekelompok atau Berorganisasi

  Sudah merupakan hal yang lumrah manusia selalu membikin kelompok kelompok atau organisasi untuk mencipkan persaudaran yang kuat, selain itu jiga berfungsi untuk menyalurkan setiap aspirasi yang ada pada manusia lewat suat kelompok, berdebat, musyawarah dan memutuskan suatu hal. dan ini sudah jadi budaya manusia selamanya sampai sekarang

5.Peralatan Hidup


Peralatan hidup dari segi budaya memang sudah  berkembang pesat dari zaman purba hingga sekarang dan ini beriring pada kebutuhan munisa yang semakin meningkat untuk setiap generasi, peralatan hidup memang tidak jauh dari manusia untuk mempermudah kegiatan manusia, orang purba jaman dahulu ketika berburu butuh peralatan berburu seperti kampak, pisau, panah dan lain sebagainya tidak beda juga jaman sekarang 

6. Kesenian

Jiwa seni pada manusia memang sudah terelakan lagi, seni istilahnya sudah mendarah daging pada kehidupan manusia, kesenian merupakan aspirasi dari pemikiran manusia yang di wujudkan dalam , berupa musik , tarian masih banyak kesenian lainya. bahkan sampai sekarang pun kebudayaan musik akan terus berkembang sesuai pemikiran manusia.

7. Religi , Keagaman dan kepercayaan

Kebudayaan ini memang sudah harus di lakukan oleh manusia karena fitrah manusia terhadap sang pencipta, namun setiap kelompok atau ras dalam memahami atau meng interperetasikan kepercayaan ini berbeda beda, biasanya ada berbagai permasalahan dalam kebudayaan ini tergantung pehaman manusia terhadap tuhanya.


Itu merupakan  macam macam dan unsur unsur dari kebudayaan, dan memang kita harus jaga akan perbedaan macam budaya tersebut. mudah - mudahan artikel  bisa bermanfaat bagi pembaca.







EmoticonEmoticon

Translate To Your Language